DOSEN STITEK LAKUKAN PENDAMPINGAN KEPADA CALON KEPALA SEKOLAH (CAKEP)

STITEK Bontang (3/11/2021). Calon kepala sekolah mendapatkan pendampingan secara khusus dari dosen STITEK Bontang, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 hari dan bertempat di SMP Negeri 6 Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Tujuan pendampingan tersebut ialah untuk meningkatkan kompetensi calon kepala sekolah dan guru.

Kegiatan tersebut didampingi langsung oleh salah satu dosen STITEK Bontang yakni Bapak Zulkifli, S.Pd.I., M.Pd., C.PHT. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk kegiatan training yang dilaksanakan pada 2 tahap, pertama penyampaian materi tentang pemanfataan model-model pembelajaran. Adapun tahap kedua, yaitu materi tentang konsep evaluasi dan sistem penilaian hasil belajar. Seluruh rangkaian kegiatan acara pada tahap 1 dan 2 dilaksanakan secara tatap muka (offline). Bahkan kegiatan tersebut tidak hanya bersifat teoritis, namun langsung dilakukan simulasi dan pendampingan di kelas.

Dalam acara tersebut dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Kepala UPT Dinas Pendidikan Marangkayu Kab. Kutai Kartanegara, Bapak Sugianto, S.Pd. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa “kegiatan ini saya apresiasi dan tentu akan memberikan dampak positif tidak hanya kepada para calon kepala sekolah, namun juga akan memberikan dampak positif kepada para guru, khususnya para guru SMP Negeri 6 Marangkayu. “Saya pun berharap kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh agar ilmunya benar-benar dapat diimplementasikan atau diterapkan di kelas”, ujar kepala UPT Marangkayu Kukar.

Acara tersebut diikuti oleh tiga orang calon kepala sekolah dan sejumlah guru yang ada di SMP Negeri 6 Marangkayu. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan training, karena materi yang disajikan sangat menarik perhatian peserta. Disela-sela penyampaian materi, narasumber kerap memberika game atau Ice Breaking, sehingga para peserta tidak bosan dan jenuh. Bahkan peserta menyatakan bahwa banyak informasi baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya, curhatan salah satu peserta.

Diakhir kegiatan training, Plt. kepala Sekolah SMP Negeri 6 Marangkayu, Bapak Sahbil Amrullah, S.Pd memberikan sambutan sekaligus menutup acara kegiatan training, “kami ucapkan terima kasih kepada narasumber Bapak Ustdz Zulkifli yang telah berkenan menyampaikan sejumlah materi yang menurut kami luar biasa, bahkan acara seperti ini baru pertama kali dilaksanakan. Hal ini dapat menambah wawasan kami dan berharap kegiatan tersebut dapat kami programkan setiap tahun. Mohon kesediaan Bapak Ustadz untuk dapat meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu dan informasi kepada kami semua, agar kami semakin kompeten dalam melaksanakan tugas sebagai guru”, ungkap Plt Kepsek Marangkayu.