DOSEN STITEK PERINGKAT 3 INTERNAL AUDITOR PROFESSIONAL TRAINING CERTIFICATION (CIAP)

Sebanyak 324 orang yang mengikuti kegiatan Internal Auditor Profesional Training Certification (CIAP) yang berasal dari berbagai wilayah dari sabang hingga merauke. Kegiatan training dan sertifikasi tersebut merupakan bagian dari peningkatan kompetensi dan kinerja seorang Auditor Internal yang ada di perusahaan maupun lembaga instansi lainnya termasuk perguruan tinggi.

Kegiatan Training CIAP dilaksanakan selama dua hari, sejak tanggal 22-23 Mei 2022, meskipun kegiatan tersebut dilaksanakan secara online, namun para peserta sangat antusias.

Adapun pelaksana kegiatan training ialah “Revolution Mind IndonesiaTM (RMI), “ merupakan salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan yang berfokus dibidang Training, Coaching, dan Consulting, dengan legalitas dari MENKUMHAM nomor AHU-AH.01.03-0434818.

Mengapa Training CIAP ini penting? Karena seorang auditor akan menjadi bagian dari penentu atas kualitas dan layanan sebuah perusahaan atau perguruan tinggi. Untuk menjadi auditor yang profesional, maka harus mampu mengikuti sejumlah tahapan dan proses agar calon auditor akan mandapatkan legalitas sekaligus pengakuan sebagai auditor yang profesional.

“Dalam kegiatan pelatihan ini, setiap peserta diwajibkan mengikuti sejumlah penilaian (assessment) yang diberikan dan ditetapkan standar kompetensinya oleh TIM pelaksana kegiatan, sehingga sangat diperlukan kesungguhan, kesabaran, dan ketelitian, serta kemampuan dalam menyelesaikan sejumlah tugas yang diberikan dengan durasi waktu uji kompetensi sebanyak 14 jam pelajaran (JP). Bagi perserta yang dinyatakan kompeten dan lulus akan mendapatkan sertifikat kompetensi, sementara peserta yang masih dianggap belum memenuhi capaian standar kompetensi yang telah dipersyarakan, maka peserta tersebut akan diberikan kesempatan untuk mengikuti remedial (perbaikan) serta bimbingan dari seorang instruktur atau coach melalui via WhatsApp. Adapun peserta yang telah menuntaskan sejumlah tugas/instrumen dan dianggap kompeten, maka secara bertahap akan diumumkan kelulusannya dan berikan ucapan selamat sekaligus akan menerima E-sertifikat melalui via Email. Alhamdulillah kami berhasil dan dapat mengikuti semua tahapan yang telah ditetapkan, ” ujar Kepala UJM sebagai salah satu perserta CIAP yang memperoleh peringkat 3.

Lebih lanjut ia pun menambahkan, melalui auditor yang kredibel dan kompeten, maka siklus PPEPP di STITEK Bontang akan semakin mudah untuk diimplementasikan.