Meningkatkan Kualitas Melalui Budaya Literasi

Sekolah Tinggi Teknologi (STITEK) Bontang berkomitmen dan berupaya untuk mempersiapkan lulusannya yang berkualitas tinggi dan profesional dibidang IPTEK untuk kepentingan pembangunan nasional bangsa ini. Kualitas suatu perguruan tinggi salah satunya ditentukan oleh standar mutu akademik yang telah dicapai oleh mahasiswa, adapun standar untuk mengukur mutu akademik ialah seberapa banyak ilmu pengetahuan yang diperoleh mahasiswa, sedangkan ilmu pengetahuan diperoleh dari informasi lisan maupun tulisan. Untuk itu, produktivitas dan kreativitas dosen dalam menyajikan materi dan karya tulis yang dihasilkan akan dapat meningkatkan mutu dan kualitas perguruan tinggi. Tidak hanya itu, karya tulis dosen juga dapat digunakan untuk jenjang karier seorang dosen, mulai asisten ahli, lektor, lektor kepala, hingga guru besar (Professor).

Dengan demikian, untuk membangun kualitas STITEK Bontang, kemampuan dan kesadaran literasi harus dapat ditingkatkan, karena dosen merupakan ujung tombak dan motor institusi dalam melaksanakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, sehingga dosen dituntut untuk senantiasa dapat berinovasi dibidang SAINS dan teknologi. Capaian peningkatan profesionalitas dosen berkaitan dengan penguasaan kompetensi akademik, personal, sosial dan profesional secara integral.

Lebih lanjut, tolak ukur kemampuan literasi yang baik bagi dosen, ialah dapat dilihat dari kualitas dan kuantitas karya tulis yang dihasilkan, seperti halnya yang telah dilakukan oleh dosen STITEK Bontang, ada beberapa dosen yang cukup produktif telah melahirkan beberapa karya tulis ilmiah, buku ajar, dan buku biografi. Dengan demikian, dosen memiliki peran dan tanggung jawab yang cukup besar, salah satunya harus mampu memfasilitasi pembelajaran mahasiswa secara optimal sehingga mereka dapat memperoleh pengetahuan yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Selain itu, dosen memiliki kewajiban untuk melaksanakan penelitian yang hasilnya dapat dipublikasikan melalui diskusi seminar, jurnal ilmiah.

Hingga kini Yayasan Pendidikan Bessai Berita melalui lembaga pendidikan tingginya (STITEK Bontang) telah memberikan dukungan dan respons positif, yakni telah mengalokasikan aggaran atau pembiayaan bagi dosen yang akan melakukan penelitian atau publikasi karya ilmiah.

Untuk itu, selaku pimpinan di lembaga pendidikan tinggi akan terus mendorong dan memotivasi para dosen agar secara konsisten melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi, bahkan dosen STITEK Bontang memiliki tantangan tersendiri untuk menghasilkan karya inovasi tepat guna, agar dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat khususnya warga kota Bontang.