Pengabdian Masyakat Penyusunan Artikel Ilmiah

Pelatihan ini dilaksanakan dengan dibimbing oleh 1 instruktur utama dan 5 orang instruktur pendamping. Teknik pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu, instruktur utama menyampaikan materi menggunakan layar presentasi sedangkan 5 instruktur pendamping melakukan pendampingan secara langsung kepada para guru ditempatnya masing-masing. Materi pelatihan disampaikan menggunakan perangkat lunak presentasi. Materi tersbut juga dapat di unduh pada laman riojm.wordpress.com sehingga memudahkan peserta pelatihan mendapatkan matri pelatihan. Secara garis besar materi pelatihan ini membahas tentang tahapa publikasi artikel ilmiah yang terdiri dari.

  1. Menyusun laporan hasil penelitian tindakan kelas.
  2. Mencari penerbit jurnal ilmiah nasional.
  3. Menulis artikel ilmiah sesuai format jurnal.
  4. Menyunting artikel.

Materi pelatihan dimulai dengan perkenalan diri dari tim instruktur kepada peserta pelatihan. Selanjutnya instruktur memberikan materi berkaitan dengan laporan hasil PTK. Pada bagian ini hanya disampaikan secra ringkas mengenai PTK dan laporan hasilnya dengan asumsi peserta pelatihan telah melaksanakan PTK ditempat kerjanya masing-masing. Materi selanjutnya berkaitan dengan mencari penerbit jurnal ilmiah nasional secara online. Pada materi ini instruktur menyampaikan tentang jenis-jenis jurnal ilmiah yang ada, siapa saja yang menerbitkan jurnal ilmiah dan penjelasan tentang indeksasi jurnal. Instruktur juga mendemokan bagaimana mencari jurnal online menggunakan web browser dan mesin pencarian.

Selanjutnya instruktur menyampaikan materi tentang mulai menuli artikel. Secara garis besar materi ini membicarakan tentang struktur penulisan artikel dan format artikel. Materi ini yang paling banyak dibahas dikarenakan berkaitan dengan teknik penulisan dan penggunaan aplikasi pengolah kata dalam melakukan format artikel. Materi ini diakhiri dengan proses penyuntingan artikel di jurnal ilmiah online.

            Dari hasil pengamatan yang dilakukan selama pelatihan, peserta pelatihan mengikuti pelatihan dengan baik. Antusiasme peserta pelatihan juga terlihat dari banyak nya pertanyaan yang disampaikan ketika pelatihan berlangsung. Peserta pelatihan langsung menanyakan jika ada hal yang kurang jelas. Peserta pelatihan juga aktif mengikuti tutorial menggunakan personal computer masing-masing peserta.

            Beberapa kendala juga dihadapi pada saat pelatihan berlangsung diantaranya kesulitan menghadapi guru yang belum terbiasa menggunakan computer sehingga harus dipandu oleh instruktur pendamping dengan waktu yang sedikit lama. Kendala lain terletak pada minimnya koneksi internet sehingga kesulitan pada saat mengakses jurnal ilmiah online.

Secara keseluruhan materi telah tersampaikan kepada para guru dilingkungan kelompok kerja gugus 4.  Para guru juga telah berhasil membuat format artikel ilmiah dan mengakses jurnal online. Dengan demikian diharapkan peserta pelatihan dapat mengimplentasinkan ilmu yang telah diperoleh pada penelitian-penelitan selanjutunya khususnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang akan dilakukan ditempatnya masing-masing.