Persiapkan penambahan Program Studi Baru, STITEK Kerjasama dengan UGM

STITEK Bontang terus melakukan berbagai peningkatan kualitas baik secara internal maupun eksternal. Peningkatan secara internal meliputi (1) pengajaran berbasis IT, (2) program doktoral bagi dosen, (3) penelitian dan publikasi internasional, (4) pengabdian untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat, (5) inovasi yang diseminasikan kepada masyarakat, dan (6) prestasi mahasiswa dan dosen.

Peningkatan secara eksternal dengan melakukan berbagai kerjasama nasional dan kerjasama internasional. Kali ini STITEK Bontang melakukan gebrakan baru secara eksternal yaitu kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM). Kegiatan ini berlangsung pada Senin, 20 Desember 2021 bertempat di Gedung Fakultas Teknik dan dihadiri antara pejabat tinggi kedua perguruan tinggi. Pejabat tinggi tinggi STITEK Bontang yang hadir diantaranya adalah Wakil Ketua 1 (Zaini, S.Pd., M.Pd) dan Ketua STITEK Bontang (Bapak Hardianto, S.T., M.Eng). Pejabat Tinggi dari UGM yang hadir adalah Dekan Fakultas Teknik (Prof. Ir. SELO, S.T., M.T. M. Sc., Ph.D), plt. Kepala Departemen Teknik Kimia (Ahmad Tawfiequrrahman Yuliansyah, S.T., M.T., D.Eng.,), Dosen Teknik Kimia UGM sekaligus sebagai nara hubung kedua institusi (Dr. Ir. Sarto, M.Sc,.), Kepala Unit Pengembangan Usaha, Kerjasama dan Alumni (Ir. Jarot Setyowiyoto, M.Sc., Ph.D., IPU, ASEAN Eng).

Dalam kerjasama tersebut disepakati 4 bidang yaitu bidang pendidikan, bidang penelitian, bidang pengabdian kepada masyarakat, dan bidang lain sesuai fungsi dan wewenang masing-masing pihak. MoA sebagai tindaklanjut dari MoU antar kedua institusi ini adalah kerjasama dibidang pendampingan pembukaan program studi baru yang kali ini disiapkan oleh STITEK Bontang. Program studi baru yang akan diusulkan STITEK Bontang meliputi: (1) Teknik Kimia (konsentrasi Petrokimia: LNG, Amoniak, Urea, Methanol, dan Oleo Kimia), (2) Teknik Industri, (3) Teknik Pengolahan Hasil Laut/Perikanan, (4) Pariwisata, (5) Kewirausahaan, dan (6) Sistem Informasi Akuntansi.

Semua prodi yang hadir di STITEK Bontang selanjutnya menjadi dasar bagi kampus dan Yayasan Pendidikan Bessai Berinta untuk transformasi STITEK Bontang menjadi Universitas Teknologi Kalimantan. Saat ini, team taskforce prodi baru STITEK telah menyiapkan berbagai strategi untuk proposal pembukaan program studi baru tersebut.  

Sumber : Zaini, S.Pd., M.Pd


Editor : Hendriyadi