Sharing Session- Backtone Network

Prodi Teknik Elektro STITEK Bontang menyelenggarakan Kuliah Kapita Selekta pada hari Kamis  tanggal 26 November 2020 dengan tema " Sharing Session- Backtone Network”  dengan mengundang Dosen Tamu sebagai Narasumber yaitu Bapak Lerry Bayunuari Nugraha, ST., MT, seorang Kepala Unit STO Loktuan PT. Telkom Bontang. Acara ini dimulai pukul 17.00 via Zoom Meeting.

Narasumber menyampaikan materi perkembangan teknologi telekomunikasi mulai dari perkembangan 1G sampai 5G yang mulai di launching tahun 2020 ini.  Dalam pemaparannya beliau menjelaskan tentang jalur media yang digunakan dalam komunikasi antar  pelanggan mulai dari menggunakan Satelit pada daerah-daerah tertentu yang berada di pelosok, atau menggunakan media Microwave Link pada daerah yang sudah dibangun tower atau ada juga menggunakan Fiber optic yang telah terbukti lebih handal. Kedepannya semua jalur telekomunikasi akan diarahkan menggunakan Fiber optic yang dapat melayani pelanggan jauh lebih baik.

Lebih jauh narasumber menjelaskan untuk wilayah Kalimantan Timur khsususnya kota Bontang perkembangan penggunaan jasa telekomunikasi ini sangat meningkat terlebih masa Pandemi ini karena itu PT. Telkom berusaha memberi pelayanan yang terbaik dengan membangun jaringan Fiber optic yang lebih cepat dan sudah hampir menjangkau seluruh wilayah Bontang. Beliau menjelaskan keutamaan Fiber optic yang tahan terhadap cuaca, efisiensi dan kualitas data yang dikirimkan fiber optic jauh lebih baik serta Data Rate yang lebih tinggi. Namun semua jenis jalur jaringan tersebut akan selalu dipakai sebagai jalur alternative jika salah satu dari jalur tersebut mengalami kerusakan atau perbaikan (throubleshotting).

Masih banyak lagi materi yang diberikan oleh Narasumber untuk materi lebih lengkap bisa diikuti di video Youtube dengan link : https://www.youtube.com/watch?v=wwygIwMrhPI

Kuliah dosen tamu ini diharapkan mahasiswa banyak mendapatkan wawasan pengetahuan mengenai perkembangan jaringan telekomunikasi di Indonesia umumnya.

Pengirim : Prodi TE