SPMI SEBAGAI SOLUSI & TANTANGAN STITEK BONTANG DI MASA YANG AKAN DATANG

Kegiatan akreditasi acapkali menjadi perhatian dan keseriusan khusus bagi perguruan tinggi, namun setelah akreditasi dilaksanakan maka tidak lagi melakukan evaluasi mutu secara internal atau lazim dikenal dengan istilah SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal). Jika Unit Pengelola Program Studi (UPPS) atau program studi hanya dapat mempersiapkan diri disaat menjelang akreditasi, maka dapat dipastikan mutu internal tidak dapat diunggulkan.

Tujuan pelaksanaan SPMI di STITEK Bontang adalah mengontrol dan berupaya mendorong agar mutu akademik dan layanan pendidikan dapat dilaksanakan atau diimplementasikan melalui penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi secara optimal dan konsisten.

Secara umum tugas Unit Jaminan Mutu (UJM) STITEK Bontang harus dapat memantau dan mengevaluasi terlaksananya proses penetapan dan pemenuhan 28 standar mutu yang telah ditetapkan oleh UPPS. Selanjutnya, melalui Gugus Jaminan Mutu (GJM) pada tingkat program studi harus dapat mendokumentasikan dan melaporkan pelaksanaan SPMI yang telah di tetapkan oleh UPPS dapat ditingkatkan atau dipertahankan secara konsisten atau berkelanjutan.

Dalam pengimplementasian SPMI di STITEK Bontang diperlukan sebuah instrumen yang valid hingga proses pelaksanaan yang dilaksanakan secara konstruktif disertai dengan komitmen yang kuat dari unsur pimpinan dan seluruh unit kerja, agar proses penyusunan Lembar Kinerja Program Studi (LKPS) dan Lembar Evaluasi Diri (LED) maupun sistem penilaian kinerja karyawan melalui Key Performance Indikators (KPI) dan proses Audit Mutu Internal (AMI) menjadi lebih siap dan mudah menghadapi akreditasi prodi maupun institusi di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, arah pengembangan mutu STITEK Bontang harus dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa, masyarakat, dunia kerja/industri. Sehingga STITEK Bontang harus mampu menetapkan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan, serta meningkatkan mutu dan layanan secara komprehensif.

Dengan demikian, komitmen dalam mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) melalui Unit Jaminan Mutu (UJM) STITEK Bontang dipandang sebagai salah satu solusi untuk menghantarkan STITEK Bontang menjadi sebuah perguruan tinggi yang unggul, sehingga proses transformasi menjadi sebuah Universitas Teknologi Kalimantan Timur dapat terwujud.


Oleh: Zulkifli, S.Pd.I., M.Pd., C.PHT., C.HRA. (Kepala Unit Jaminan Mutu STITEK Bontang)