Workshop Academic Writing

Prodi Teknik Elektro STITEK Bontang menyelenggarakan Workshop Academic Writing pada hari Sabtu tanggal 21 November 2020 dengan Tema Tips dan trik menembus publikasi jurnal internasional. Narasumber Materi ini yaitu Bapak A. M. Shidiq Yunus, ST., M.Eng.Sc, Ph.D . Beliau merupakan Dosen di Politeknik Negeri Makassar Sulawesi Selatan yang lagi berjuang meraih Professornya.

Workshop Ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting dimoderatori oleh Ketua Prodi Teknik Elektro Stitek Bontang langsung Bapak Abdul Zain, ST., MT. Peserta yang akan mengikuti workshop ini adalah mahasiswa Aktif Teknik Elektro STITEK Bontang yaitu angkatan 2015 sampai dengan 2020, ada beberapa Dosen Prodi TE dan beberapa Mahasiswa luar Stitek , total peserta ada 97 peserta.

Narasumber menyampaikan materi tips trik bagaimana cara Submit Jurnal khususnya terpublish Scopus dan mudah diterima oleh Reviewer yakni : 1. Mengikuti perkembangan Teknologi, cari tema yang terbaru, teknologi atau kasusnya lagi dialami oleh seluruh Negara misal tentang Covid 19 di awal tahun 2020. 2. Membuat tulisan baku Bahasa Indonesia sehingga mudah ditranslate dalam bahasa Inggris, akan lebih baik jika translate sendiri namun boleh menggunakan jasa penerjemah dengan biaya perlembar 3. Akan jauh lebih mudah jika punya rekan dari Luar negeri yang punya reputasi dalam menulis dari beberapa kampus. 4. Pastikan menulis berdasar template jurnal jika tidak maka akan mudah ditolak karena dianggap tidak professional. 5. Perjelas Tulisan, gambar, grafik atau Tabel untuk mempermudah reviewer . 6 jangan buat tulisan bersifat kedaerahan hanya terjadi di daerah tersebut. 7. Hindari kalimat yang berulang-ulang

Selain itu beliau sarankan agar selalu mengecek status Jurnal tersebut sebelum meng submit karena ada beberapa Jurnal yang sudah Expire masa berlakunya. Masih banyak lagi tips trik yang diberikan oleh Narasumber untuk materi lebih lengkap bisa diikuti di video Youtube dengan link : https://www.youtube.com/watch?v=n1wvIzuHPzU&t=328s

Banyak pertanyaan yang diberikan mahasiswa pada sesi Tanya jawab. Pada akhir sesi Kaprodi TE menyampaikan terima kasih kepada narasumber yang telah bersedia membawakan materi pada Workshop kali ini, beliau berharap mahasiswa banyak mendapatkan pengetahuan mengenai cara menulis jurnal dan termotivasi untuk mempublish jurnalnya agar Prodi TE mendapatkan tambahan nilai poin akreditasi sehingga dapat mempertahankan statusnya sebagai Prodi yang mendapat Akreditasi B dari BANPT. Dan pastinya keuntungannya akan kembali ke Mahasiswa juga.

Pengirim : Prodi TE