YAYASAN PENDIDIKAN BESSAI BERINTA (YPBB) - STITEK MEMILIKI UNIT PENGUMPUL ZAKAT (UPZ)

" Mahasiswa Tidak Hanya Belajar Teori, Namun Langsung Praktik "

Yayasan Pendidikan Bessai Berita (YPBB)-STITEK Bontang kini memiliki Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang telah melibatkan dosen dan mahasiswa. Lembaga tersebut telah memiliki legalitas resmi dari Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kota Bontang, Nomor: 99/P/SK-UPZ/BAZNAS-BTG/III/2022.

Melalui Ketua Yayasan Pendidikan Bessai Berinta Ir. H. Dedy Rahmat Utomo, IPM, berkeinginan bahwa mata kuliah Agama Islam di STITEK Bontang tidak hanya dipahami secara konseptual, melainkan nilai-nilai keislaman harus dapat dipraktikkan dan diimplementasikan oleh mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat. Hal senada yang telah disampaikan oleh Ketua STITEK Bontang, Hardianto, S.T., M.Eng, bahwa keberadaan UPZ  akan semakin dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Mahasiswa tidak hanya belajar teori, namun langsung dapat mempraktikkan materi pengelolaan zakat.

Hal ini telah direspons positif oleh Ust. Zulkifli, salah satu dosen pengampu mata kuliah Agama Islam, yang kini diamanahi sebagai Ketua UPZ. Dirinya telah berkomitmen untuk menghantarkan UPZ YPBB-STITEK Bontang sebagai salah satu sarana dalam mengimplementasikan materi zakat sebagai materi pengajaran agama Islam yang berpraktik.

Salah satu konsep yang telah diusung oleh UPZ YPBB ialah Literasi Zakat dan program Peduli Umat. Konsep tersebut merupakan upaya untuk mentransformasi status mustahik (penerima zakat) menjadi muzakki (pemberi zakat). Menurutnya, program tersebut akan mendorong semangat berzakat bagi para alumni dan civitas akademika serta masyarakat Kota Bontang. “Kedepannya, program tersebut dapat disinergikan dengan pengembangan konsep program kebijakan Kampus Merdeka Belajar (KMB) di STITEK Bontang,” ujar Ketua UPZ YPBB